Perbedaan UKT dan SPP

0
13040

Istilah UKT dan SPP cukup akrab di telinga para pelajar di Indonesia. Namun tidak semua orang mengetahui perbedaan dari kedua istilah tersebut. Seperti ketika ditanyakan kepada salah satu mahasiswa universita sswasta Yogyakarta, ia menyatakan bahwa ada perbedaan antara UKT dan SPP namun tidak mengetahui perbedaannya. “Gue tahu ada bedanya tapi gatahu bedanya apa” jawabnya. Tetapi ada juga mahasiswa yang mengetahui perbedaan mendasar antara SPP dan UKT. “SPP itu sama dia itu bayaran, kalo UKT kan itu uang kuliah tunggal yang udah disubsidi pemerintah, kalo spp itu tanpa subsidi pemerintah” jawab seorang mahasiswa Universitas Pancasila 

UKT merupakan singkatan dari Uang Kuliah Tunggal. UKT adalah system pembayaran yang kini berlaku di seluruh PTN (Perguruan Tinggi Negeri). UKT ditanggung setiap mahasiswa/mahasiswi per semester yang telah disubsidi olehpemerintah. Ketentuan ini telah diatur di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 pasal 1 ayat 3, yaitu setiap mahasiswa hanya membayar komponen saja (UKT).Sedangkan SPP adalah singkatan dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan. Sistem pembayaran yang diberlakukan oleh PerguruanTinggiSwaswa. SPP hanya untuk membiyai perkuliahan mahasiswa tanpa subsidi pemerintah.UKT mulai diberlakukan sejak tahun 2013 sedangkan istilah SPP sudah digunakan sejak lama. 

Perbedaan UKT dengan SPP

  1. UKT dengan SPP
    UKT adalah sistem pembayaran kuliah untuk PTN yang mengguanakan subsidi pemerintah, sedangkan kalo SPP adalah sistem pembayaran kuliah untuk PTS karna tanpa subsidi pemerintah
  2. Nominal Pembayaran UKT dengan SPP
    Nominal UKT didapatkan didasarkan pada kondisi ekonomi dan sosial orang tua dari mahasiswa tersebut karna di UKT memiliki sistem golongan yaitu 5 sampai 8 golongan yang akan mendapatkan iuran kuliah sesuai dengan kondisi ekonominya. Jadi, setiap mahasiswa akan mendapatkan nominal UKT yang berbeda meskipun berasal dari prodi yang sama dan UKT yang didapatkan akan berlaku tiap semester sampai lulus kuliah. mMeskipun hanya mengerjakan skripsi di semester tersebut, bayarnya akan tetap sama.Sedangkan SPP biasanya ditetapkan berdasarkan jalur masuk. Kalau Kamu masuk melalui jalur prestasi, nominalnya akan lebih murah daripada mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri dan SPP per semester bisa berbeda-beda. Biasanya, semakin lama jangka waktu kuliah, jumlah yang dibayarkan akan semakin murah karena jumlah SKS semakin sedikit.
  3. UKT Diterapkan Di PTN
    Perbedaan UKT dan SPP berikutnya adalah pada perguruan tinggi yang mengadopsi aturan ini. UKT diterapkan di PTN berdasarkan Permendikbud No. 55 Tahun 2013. Meskipun demikian, tidak sedikit juga PTS yang sekarang ini juga menggunakan sistem UKT.
  4. SPP Diterapkan Di PTS
    SPP biasa digunakan oleh Perguruan Tinggi Swasta sebagai sistem pembayaran uang kuliah.

Itulah perbedaan perbedaan UKT dengan PTS. Menurut sebagian mahasiwa UKT dengan SPP adalah hal yang sama, karna inti dari UKT dan SPP adalah sistem pembayaran kuliah, hanya sistem pemabayarannya aja yang berbeda, “ga masalah si sama sama bayaran/ uang kuliah gitu kan” jawab Namia Medina, salah satu mahasiswa Universitas Pancasila. Bahkan tak jarang juga mahasiwa PTS yang menyebutkan bahwa SPP sebagai UKT, dan sebaliknya “bahkan ada ko temen gua anak negeri nyebutnya SPP juga” lanjutnya lagi.

 

Sumber:

https://www.renesia.com/perbedaan-ukt-dan-spp
https://www.merdeka.com/trending/ukt-adalah-uang-kuliah-tunggal-ketahui-perbedaannya-dengan-bkt.html?page=all
https://profesi-unm.com/2016/06/29/perbedaan-spp-ukt/
https://pintek.id/blog/komponen-biaya-kuliah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here