Yudisium dan Wisuda

0
2195

Apa Sih Yudisium dan Wisuda?

Menurut KBBI, yudisium merupakan penentuan nilai (lulus) suatu ujian sarjana lengkap di perguruan tinggi.  Berasal dari bahasa Latin yaitu ‘Judicum’ yang diserap dalam bahasa Inggris menjadi ‘Judgmen’, diartikan sebagai suatu keputusan di mana seorang mahasiswa telah memenuhi syarat dari beberapa persyaratan.

Sebelum mendapatkan keputusan di yudisium, mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta. Dilansir dari Campuspedia.com, ada dua syarat yang harus diikuti yaitu syarat akademik dan administrasi, sebagai berikut:

  1. Lulus mata kuliah wajib dengan bobot tertentu,
  2. Mengisi formulir biodata kelulusan,
  3. Fotocopy ijazah SMA/SMK,
  4. Pas foto,
  5. Menyerahkan hard file dan soft file skripsi,
  6. Surat bebas pinjam buku di perpustakaan,
  7. Sumbangan buku atau refrensi yang digunakan dalam penyusunan skripsi,
  8. Satuan Kredit Prestasi (berupa scan sertifikat).

Yudisium merupakan ajang untuk memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi, yang ditetapkan oleh penjabat berwenang di fakultas. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa mendapatkan Surat Keterangan Lulus dan Transkrip Akademik yang disahkan dekan fakultas.

Hmm, Kalau Wisuda?

Wisuda merupakan proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Ini menjadi ajang kebahagiaan untuk para mahasiswa, rangkaian waktu yang dilakukan saat duduk di bangku perguruan tinggi pun usai. Momen ini juga sebagai ‘jembatan’ untuk mencapai tujuan kehidupan selanjutnya. Wisuda menjadi proses akhir dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi, yang mendapatkan pengesahan langsung dari rektor selaku pimpinan tertinggi di perguruaan tinggi.

Wisuda sendiri diselenggarakan secara bersamaan dengan seluruh program studi dalam sebuah universitas. Prosesi pada setiap universitas berbeda-beda. Ada yang hanya satu kali dalam setahun, dan lain-lain dengan tujuan guna menghindari penumpukan peserta wisuda.

Jadi, Bedanya Yudisium dan Wisuda Itu Apa Sih?

Intinya, beda dari keduanya adalah yudisium berperan sebagai penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa, sedangkan wisuda adalah tanda pengukuhan selesainya studi.

 

Penulis:
Bella Hesty

Editorr:
Bestari Pramudhita

Sumber:
pelayananpublik.id
campuspedia.id
uny.ac.id
sumberpengertian.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here