Hari Pancasila

0
167

Pada 1 Maret 1945, Kumakichi Harada (Jenderal Dai Nippon) mengumumkan akan dibentuk suatu badan baru dengan nama Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). BPUPKI dibentuk guna menyelidiki hal yang penting sekaligus menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia. Dalam periode kerjanya, BPUPKI telah menggelar 2 kali sidang resmi pada 29 Mei sampai 1 Juni, dan 10 – 17 Juli 1945. 

Sidang berjalan hampir 5 hari, kemudian pada 1 Juni 1945, Presiden Soekarno berpidato tentang dasar negara Indonesia yang diberi nama Pancasila. Kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Mangil Martowidjojo (Komandan Detasemen Kawal Pribadi Resimen Tjakrabirawa) mengungkapkan bahwa Soekarno seringkali membicarakan Pancasila di seluruh Indonesia. Pada 1958 – 1959, Presiden Soekarno memberikan kursus serta seminar Pancasila di Istana Negara Jakarta dan di Yogyakarta. Kumpulan pidato tersebut beserta pidato lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 yang dibukukan dengan judul Pancasila Sebagai Dasar Negara.

Dalam pidatonya, Presiden Soekarno menyatakan bahwa Pancasila telah memberikan bukti kepada kita, serta dapat mempersatukan bangsa, hingga kita dapat merebut kemerdekaan dan mempertahankannya. Menurutnya, Pancasila adalah suatu Weltanschauung atau suatu pandangan hidup.

Peringatan Hari Lahir Pancasila kemudian dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 1 Juni. Soekarno terakhir kali memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 1966. 

Hari Lahir Pancasila ditetapkan menjadi hari libur nasional oleh Presiden Joko Widodo dengan menandatangani Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016. 

Di saat pandemi yang sedang melanda dunia serta dalam rangka upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, upacara dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Juni 2021 dalam memperingati Hari Lahir Pancasila digelar secara virtual. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Media yang disediakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berupa Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan TVRI yang disiarkan secara langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021. Dengan diadakannya upacara virtual, tak lupa tetap mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan COVID-19.

 

 

Penulis : Nanda Agil Mutiasa

Editor : Bestari Pramudita

Sumber:

https://tirto.id/hari-lahir-pancasila-1-juni-2021-sejarah-logo-tema-peringatan-ggq5

https://historia.id/politik/articles/sejarah-peringatan-hari-lahir-pancasila-DBKmB/page/4

https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/nbwXGdjk-upacara-peringatan-hari-lahir-pancasila-digelar-secara-virtual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here