Hari Bumi Internasional : Saatnya Aksi Menyelamatkan Bumi dari Krisis!

0
272

Hari Bumi Sedunia atau Earth Day dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 22 April. Tahun ini Hari Bumi Internasional jatuh pada Kamis, 22 April 2021.

Dikutip dari earthday.org bahwa untuk Tema Hari Bumi 2021 adalah “Restore Our Earth” (Pulihkan Bumi Kita) yang berfokus pada proses alami, teknologi hijau yang muncul, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia. Kita semua membutuhkan Bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan dan kelangsungan hidup, serta kebahagiaan kita.

Hari Bumi pertama kali dicanangkan oleh pengajar lingkungan Amerika Serikat, Gaylord Nelson pada 1970. Sejarah Hari Bumi dimulai pada tahun 1960-an hingga 1970-an dimana pada saat itu Amerika Serikat sedang mengalami gejolak ekonomi dan politik. 

Ide Hari Bumi sebenarnya sudah muncul sejak awal 1960-an di Amerika Serikat, ketika orang-orang mulai sadar tentang efek pencemaran lingkungan. Isu pencemaran lingkungan ini juga diangkat dalam buku karya Rachel Carson berjudul Silent Spring yang terbit pada 1962. Buku ini berkisah mengenai bahaya pestisida di perdesaan Amerika. 

Beberapa tahun setelahnya, terjadi kebakaran besar di Sungai Cuyahoga, Cleveland yang disebabkan oleh pembuangan limbah kimia ke sungai. Tragedi inilah yang kemudian mendorong orang untuk melindungi sumber daya alam. Pada 1969, mulai bermunculan aktivis peduli lingkungan yang fokus pada isu-isu pencemaran lingkungan berskala besar, seperti polusi udara yang disebabkan pabrik dan pembuangan limbah yang belum diatur secara ketat. Hanya sedikit masyarakat Amerika pada tahun itu yang mengenal istilah daur ulang. 

Senator Gaylord Nelson, yang terpilih di Senat AS tahun 1962 bertekad untuk meyakinkan pemerintah bahwa planet bumi berada dalam bahaya. Pada 1969, Nelson kemudian menjadi salah satu orang yang mengembangkan gagasan Hari Bumi. Nelson mengumumkan konsep Hari Bumi di sebuah konferensi pers di Seattle pada musim gugur 1969.

Bumi adalah tempat kita berpijak, maka kelolalah Bumi dengan bijak. Mari kita sama-sama jaga kelestarian planet kita demi dunia yang lebih sehat untuk kehidupan anak dan cucu kelak. Mungkin saat ini Bumi kita sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja. Namun yakinlah bahwa kita dapat menyembuhkan buana ini bersama-sama dengan menjaganya dari kerusakan. 

Selama masa pandemi, tiap-tiap negara mengeluarkan kebijakan lockdown atau karantina di rumah demi menghindari penyebaran virus Corona. Kebijakan tersebut mendesak tiap orang untuk tetap ‘di rumah aja’. Dengan banyaknya waktu luang karena seharian berada di rumah, banyak orang memulai hobi baru seperti menanam pohon guna mengisi waktu luang. Hobi ini secara tak langsung turut meramaikan gerakan menanam pohon untuk melestarikan bumi. 

Selain menciptakan hobi baru, kita juga bisa untuk memulai kebiasaan baru seperti biasakan diri mengurangi konsumsi daging merah dan memperbanyak makan sayur dan buah. Selain baik untuk kesehatan, makanan berbasis tumbuh-tumbuhan juga rendah emisi.

Mengurangi sampah dengan mengolahnya kembali juga bisa jadi pilihan untuk mengurangi emisi pribadi. Kita bisa olah sampah organik menjadi pupuk kompos dan bisa belajar mendaur ulang sampah anorganik. Selain itu, dengan di rumah aja dan tidak berpergian, kita juga sudah mengurangi emisi yang biasa kita hasilkan saat naik kendaraan bermotor.

Di tengah pandemi COVID19 ini, aksi kita sangat dibutuhkan untuk membantu bumi pulih dari krisis kesehatan dan keluar dari krisis iklim secara bersamaan. Mari kita membangun dengan lebih baik untuk bumi yang lebih aman dan lebih tangguh.

Sejarah aktivisme lingkungan dan cara individu bekerja sama untuk mengubah kebijakan dapat membuat kita lebih optimis tentang kemampuan untuk membuat perubahan positif di masa depan.

Demikian artikel mengenai Hari Bumi Internasional, semoga bermanfaat!

Penulis :Dinda Revanda, Arfat Sahdina, Tirza Ash Zahra
Editor :Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Referensi:
https://www.antaranews.com/berita/2109254/jelang-hari-bumi-wamen-lhk-ajak-buat-langkah-kecil-untuk-lingkungan
https://tirto.id/hari-bumi-sedunia-22-april-sejarah-tema-earth-day-2021-gcYg
earthday.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here